Tak Disangka....Serka Darwis, TNI Teladan Yang Bantu Anak Sekolah Menyeberang Adalah Jagoan Peringkus Pelaku Bom


Sosok Serka Muhammad Darwis menjadi viral setelah aksinya membantu anak-anak menyeberangi sungai dengan alat seadanya. Ternyata tak cuma membantu anak-anak sekolah, Bintara Pembina Desa Koramis 1412-03/Rante Angin ini juga memiliki banyak cerita di tempatnya bertugas.

Sejak tahun 2009, Serka Darwis bertugas membina empat desa. Kelurahan Ranteangin, Desa Landolia, Desa Rantebaru dan Desa Maroko. 

Saat itu masih ada sebagian masyarakat yang gemar mabuk-mabukan. Mereka kerap membuat onar dengan berkelahi atau meresahkan warga. Hal ini pula yang membuat perekonomian desa tersebut tertinggal.

Secara perlahan, kebiasaan itu berhasil diubah oleh Serka Darwis. Dia aktif menjalin komunikasi dengan pemuka adat maupun ulama setempat. Tokoh-tokoh pemuda pun dirangkul.

Serka Darwis juga dinilai berhasil mewujudkan ketahanan pangan di daerahnya. Dia membuka lahan untuk dijadikan areal pesawahan. Awalnya banyak warga menolak. Namun setelah melihat hasilnya, warga berbondong-bondong ikut bertani. Dari awal 40 hektar sawah, dalam waktu 2 tahun bertambah menjadi 340 hektar.

Pria kelahiran Bulukumba 48 tahun lalu itu pun tak mau berpangku tangan saat anak-anak sekolah kesulitan menyeberang. Saban hari Serka Darwis menyeberangkan anak-anak sekolah melalui Gondola (Jembatan tali berkatrol) melewati Sungai Ranteangin di Desa Maroko. 

"Untuk menyeberangkan anak sekolah melewati sungai yang memiliki kedalaman 6 meter itu, setiap hari Serka Muh. Darwis telah standby di lokasi penyeberangan sejak pagi hari," ujar Kapenrem 143/Halu Oleo Mayor Azwar, Rabu (9/8).

Menurut penduduk setempat, aktivitas menyeberangkan anak tersebut menjadi pekerjaan rutin Serka Darwis kecuali saat sang Babinsa mendapatkan tugas lain.

"Ini panggilan nurani saya sebagai prajurit TNI," kata Serka Darwis.

Menurutnya pendidikan sangat penting. Jangan sampai para penerus Bangsa ini tak bisa sekolah gara-gara tak bisa menyeberang.

Cerita soal Serka Darwis belum selesai. Dia pun pernah membantu meringkus para pelaku pengeboman ikan yang beraksi di wilayahnya. 

"Atas keberhasilan tersebut, masyarakat Desa Landolia mewujudkan apresiasinya dengan memberikan hadiah kepada Serka Darwis berupa satu unit Rumah Pos Babinsa berukuran 7 X 9 meter di dalam wilayah Desa Landolia Kecamatan Ranteangin," tutup Mayor Azwar.

Sumber: merdeka

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel